Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun

Diskominfo KOTA MADIUN

BANDUNG – Penerapan program Smart City bidang teknologi informasi di Kota Madiun terus ditingkatkan. Salah satunya, pembentukan command operation center sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Studi referensi pun digelar untuk mendukung program tersebut. Tim smart city Dinas Kominfo Kota Madiun berkunjung ke Jabar Command Center di Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/11). Kunjungan referensi tersebut penting sebagai langkah awal rencana pembangunan command operation center di Kota Pendekar.

‘’Command center ini merupakan salah satu aksi dalam master plan smart city. Untuk mewujudkannya tentu kita butuh referensi-referensi. Salah satunya, di Provinsi Jawa Barat yang sudah memiliki command center ini,’’ kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Juvita Rosaridewi.

Kota Madiun, lanjutnya, sudah memiliki sejumlah komponen pendukung command center tersebut. Salah satunya, call center 112 dan Government Chief Information Officer (GCIO). Namun, keberadaannya masih belum mencerminkan sebuah command center yang diinginkan. Karenanya, perlu adanya pengembangan. Juvita menambahkan keberadaan command center tersebut penting dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya dalam pelayanan informasi.

‘’Masyarakat tidak hanya harus mendapatkan pelayanan informasi. Tetapi bagaimana tempat mengakses informasi ini bisa menarik dengan data yang lengkap dan terpusat. Ini salah satu yang kami dapat di Jabar Command Center ini,’’ imbuhnya.

Di Jabar Command Center memang menyajikan tempat yang menarik dan informasi yang lengkap. Di antaranya, informasi tentang tempat-tempat wisata yang disajikan menarik dengan menggandeng google earth, hingga data-data geospasial yang lainnya. Mulai tempat persebaran rumah sakit dan Puskesmas, lokasi sekolah dan perguruan tinggi, lokasi industri, dan lain sebagainya.

‘’Artinya, ada banyak yang perlu kami siapkan untuk mewujudkan command center ini. Mulai tempat, sarpras, personil, dan anggaran tentunya,’’ pungkasnya. (deka/agi/madiuntoday)