Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun

Diskominfo KOTA MADIUN

MADIUN – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di Gedung GCIO, Rabu (21/2) itu dibuka langsung oleh Wali Kota Madiun, Dr Maidi. Berbagai pembahasan mengemuka, utamanya berkaitan dengan data-data statistika.

Wali kota menyebut, adanya rakor EPSS ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Madiun dalam menyajikan data terbaik. Sehingga, apa yang tersaji merupakan data rill yang sudah diolah dan menghasilkan data yang sempurna.

“Ini salah satu kegiatan statistik dan Kominfo, bagaimana data statisik yang nilainya kurang dibagian apa dan sebagainya dievaluasi lalu dibina, sehingga harapannya data yang disajikan OPD bisa sempurna,” ucapnya.

Untuk diketahui, EPSS merupakan suatu proses penilaian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) melalui proses verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Rakor EPSS juga bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi pusat dan pemerintahan daerah.

“Harapannya hasil dari rakor ini bisa membawa kesempurnaan data di Kota Madiun,” pungkasnya. (Rams/kus/diskominfo)