Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun

Diskominfo KOTA MADIUN

MADIUN – Perkembangan teknologi informasi bagai dua mata pisau terhadap anak-anak. Di satu sisi memberikan kesempatan untuk belajar dan menggali potensi. Namun, di sisi lainnya memberikan dampak negatif yang bahkan dapat mengancam masa depannya. Untuk itu, diperlukan kontrol dari orang dewasa, terutama orang tua, agar kemajuan digital bisa memberikan manfaat yang lebih optimal.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Madiun, Dr. Maidi dalam Sarasehan Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Literasi Digital Anak. Pada kegiatan yang berlangsung di GCIO Kota Madiun itu, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut mengajak orang tua melek IT sebelum mengajarkannya kepada anak-anak.

‘’Jangan sampai kemajuan digital mengubah nilai-nilai bangsa yang selama ini kita anut. Maka, orang tua juga wajib memahami kemajuan teknologi digital supaya bisa memberikan kontrol bagi putra-putrinya,’’ ujar wali kota, Kamis (15/2).

Karena itu, wali kota mengajak orang tua agar memiliki semangat untuk terus belajar. Sebab, ilmu pengetahuan selalu berkembang. Sehingga, harus terus diperbarui.

Lebih lanjut, wali kota juga mengimbau orang tua untuk memahami anak-anak masa kini. Pola pembelajaran yang diterapkan orang tua pada zaman dahulu sudah tidak bisa lagi dilakukan bagi anak-anak zaman sekarang.

‘’Orang tua harus mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, anak-anak juga bisa belajar sesuai zamannya dan tetap menjaga nilai-nilai yang dianut bangsa ini sejak zaman dahulu,’’ imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan sarasehan juga menghadirkan Ketua TP PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi sebagai narasumber yang memberikan tips parenting dalam perkembangan dunia digital masa kini.

‘’Yang harus selalu diingat adalah bagaimana kita mendampingi dan membersamai anak-anak kita hidup dalam percepatan teknologi yang tinggi daripada melarang tanpa memberikan arahan dan pendampingan,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)