Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun

Diskominfo KOTA MADIUN

MADIUN – Program Smart City terus dimatangkan oleh Pemkot Madiun. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, pada Kamis (27/4) pemkot setempat menggelar monitoring evaluasi dan sosialisasi terkait pelaksanaan Smart City di tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, para organisasi perangkat daerah terkait dibimbing langsung oleh Prof Marsudi Wahyu Kisworo yang juga sekaligus menjabat sebagai dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Berbagai hal terkait outcome Smart City dari berbagai dimensi diberikan evaluasi. Di antaranya evaluasi outcome dimensi Smart Living yang membahas terkait sejauh mana persentase rumah tangga dengan sumber air minum layak atau banyaknya rumah tangga dengan akses sumber air minum layak. Juga membahas terkait sejauh mana program smart society sudah berjalan di tahun ini.

Nantinya, hasil dari penilaian dari lima dimensi tersebut akan dikategorikan menjadi dua, yakni menjadi indeks pencapaian dan indeks peningkatan. Monitoring dan evaluasi diadakan secara berkala tiap tahun, di tahun sebelumnya berdasarkan hasil evaluasi, Kota Madiun memiliki kekuatan yakni Komitmen Walikota dalam memimpin implementasi program smart city sangat tinggi pemahaman walikota terhadap apa itu kota cerdas (smart city) sangat tinggi.  (Ney/kus/diskominfo)