Pengenalan Keterbukaan Informasi Publik di Sekolah, PPID Goes To School Hadir di SMKN 4 Kota Madiun

  • 04 Mar 2024

Pengenalan Keterbukaan Informasi Publik di Sekolah, PPID Goes To School Hadir di SMKN 4 Kota Madiun

Madiun, 04 Maret 2024 Generasi muda harus melek informasi dan menguasai teknologi informasi atau IT. Keterbukaan informasi publik menjadi faktor penting untuk pemerintahan yang baik dan menghindarkan dari segala informasi palsu, seperti hoaks, misinformasi, disinformasi dan malinformasi yang dapat mudah didapatkan dari perkembangan teknologi saat ini. Keterbukaan informasi publik diperlukan untuk ikut serta dalam mengawal pembangunan. Sehingga, pembangunan dapat berjalan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun gencar mensosialisasikan Keterbukaan Informasi Publik melalui kegiatan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Goes to School. Kali ini, sosialisasi diadakan di SMKN 4 Kota Madiun yang menyasar pelajar karena sebagai agen informasi dan dapat menangkal informasi yang tidak benar. PPID Goes to School dibuka oleh Wali Kota Madiun, Dr. Maidi Senin (4/3).

Wali Kota Madiun, Dr. Maidi menyampaikan bahwa pentingnya PPID masuk ke sekolah, agar sekolah turut mengelola informasi sekaligus menyebarkannya. Generasi muda dipersiapkan untuk menguasai teknologi informasi. Seperti slogan Wali Kota Madiun, “Dengan menguasai IT, dunia dalam genggaman”. Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kota Madiun mempunyai program kuliah gratis, supaya tidak ada anak yang tidak mampu, tidak melanjutkan pendidikan jenjang kuliah. Saat ini sekitar 1.250 anak warga tidak mampu yang dikuliahkan oleh Pemerintah Kota Madiun. Ke depan direncanakan akan ada program untuk Strata 2 dengan jumlah 200 – 300 orang. Generasi muda harus diberikan semangat dan motivasi agar kedepan dapat melanjutkan pembangunan  secara berkelanjutan.

Sosialisasi PPID Goes to School mempunyai beberapa kegiatan, seperti PPID, keamanan informasi, dan layanan pengaduan Awak Sigap (Anda WA Kami Segera Tanggap).