Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan 15.000 Peserta Senam

  • 01 Mar 2024

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan 15.000 Peserta Senam

Madiun, 1 Maret 2024 Salah satu cara dalam menjaga tren positif kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun setiap tahunnya, dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah melalui Senam Bersama Wali Kota Madiun yang dihadiri 15.000 peserta senam di Pahlawan Street Center (PSC) Kota Madiun pada hari Jumat (1/3).

Penghitungan IPM salah satu komponen utamanya adalah komponen umur panjang dan hidup sehat yang memiliki indikator Umur Harapan Hidup (UHH) saat lahir. UHH Kota Madiun pada tahun 2023 sebesar 75,40 tahun naik dari UHH 2020 sebesar 74,82 tahun. Artinya, setiap bayi yang lahir di Kota Madiun memiliki harapan hidup sampai berusia 75 tahun lebih.

Wali Kota Madiun Maidi berharap, dengan tren positif kenaikan IPM Kota Madiun ini, masyarakat menjadi bahagia dan sehat. Kotanya semakin bersih, nyaman, sehat dan aman untuk dihuni penduduk. Kegiatan senam bersama ini sekaligus sebagai uji coba. Jika berjalan bagus, rencana ke depan akan diadakan event dengan mengundang artis ibukota meliputi 6 negara. Seperti, Kabah dengan mengundang ustad, Merlion Singapura dengan kegiatan senam, Menara Eiffel Paris dengan kegiatan fashion show, dan lain sebagainya. Harapannya, jumlah kunjungan wisata Kota Madiun semakin naik, jumlah investor semakin bertambah, perputaran ekonomi semakin tinggi dan Kota Madiun menjadi lebih dikenal sampai tingkat internasional.