Berita

MADIUN – Di era digital membuka banyak peluang bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar tanpa batas. Tak hanya menuntut produk yang berkualitas, pemasaran yang cerdas dan menarik juga menjadi kunci keberhasilan dalam menarik perhatian konsumen.

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun memberikan pelatihan pemasaran online bagi UMKM bertempat di Aula Kelurahan Manguharjo, Selasa (21/10).

Kegiatan ini diikuti oleh Pokja 2 PKK Kelurahan Manguharjo dan menghadirkan dua narasumber inspiratif dari Diskominfo Kota Madiun, yakni Rahadian Raga Permana fotografer dan Nirmala Alivia dari divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Dalam pelatihan tersebut, materi pertama membahas fotografi produk dengan kamera handphone serta editing foto dengan AI. Rahadian menjelaskan, kualitas kamera handphone saat ini sudah sangat mumpuni untuk membuat foto produk yang menarik.

“Kamera handphone sekarang sudah sangat canggih. Dengan pencahayaan yang tepat, sudut pengambilan yang pas, dan sedikit sentuhan editing, hasil fotonya bisa terlihat profesional,” jelasnya.

Antusiasme peserta semakin meningkat saat diajak praktik langsung mengambil foto produk, lalu mengeditnya dengan bantuan Google AI Studio untuk mengganti latar dan menyempurnakan tampilan. Teknologi AI disebut mampu mempercepat proses editing, membuat hasil lebih konsisten, dan tetap terlihat alami.

Sementara itu, materi kedua disampaikan oleh Nirmala Alivia , membahas strategi menjual produk di marketplace seperti Shopee dan TikTok Shop, serta memanfaatkan program affiliate marketing.

“Jualan online itu fleksibel, bisa dimulai dari rumah, modal kecil, tapi hasilnya bisa besar kalau dilakukan konsisten dan kreatif,” ujarnya. (Bip/rat/diskominfo)