Pemkot Madiun Adakan FGD Penyusunan Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan

Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan Dinas Kominfo Kota Madiun pada Rabu (22/9) di Ruang 13 Balaikota Madiun. Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun membahas tentang Penyusunan Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik SP4N-LAPOR! Pemerintah Kota Madiun Tahun 2021-2024 yang dihadiri oleh tim penyusunan renaksi pengelolaan pengaduan dari dinas yang menangani pengelolaan pengaduan SP4N LAPOR! di Pemkot Madiun.

Dalam acara tersebut membahas mengenai target, capaian dan strategi peningkatan kapasitas pejabat penghubung pengelolaan pengaduan di SP4N LAPOR! dan kendala dalam pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR!. Selain itu, penyusunan rencana aksi ini bertujuan untuk membahas ketercapaian visi misi pada pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kota Madiun dengan harapan dapat menjadi panduan dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kota Madiun kedepan.

Kabid IKP Juvita Rosa selaku pimpinan forum ini membuka saran maupun masukan dari tim penyusun rencana aksi pengelolaan pengaduan baik berupa saran maupun ide perubahan yang akan disesuaikan dengan sub, seksi, dan juga bidang yang ditangani dari masing-masing dinas yang tergabung dalam tim penyusunan renaksi. Diharapkan dengan adanya masukan yang diberikan nantinya dapat berperan dan berkontribusi positif untuk pengelolaan pengaduan yang baik di Kota Madiun.

Salah satu masukan yang menarik dari Bagian Organisasi Setda Kota Madiun, Nur Farida mengarahkan mohon untuk penyusunannya lebih spesifik ke arah level mikro atau makro.

“Apakah semua level makro atau mikro dilaksanakan semua atau tergantung apa? liat table 4 halaman 79, sesuaikan program kegiatan mengarah pada tercapainya hal tersebut. Table sangat membantu termasuk penguatan kelembagaan dan SDM, karena akan ada laporan capaian dan penilaian dari Pusat”, ujarnya.

Forum ini juga membahas terkait target pengaduan di Kota Madiun yang semakin naik. Kenaikan justru dianggap baik karena jumlah pengaduan semakin meningkat maka kanal pengaduan tersebut semakin dikenal masyarakat, sehingga membuat publik makin mudah dalam melakukan pengaduan.

Akan diadakan forum lanjutan untuk memantapkan koordinasi dan mensikronkan program dan ruang untuk diskusi lanjutan  terkait Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik SP4N-LAPOR! Pemerintah Kota Madiun Tahun 2021-2024.