Dinas PU Banyumas Belajar Keterbukaan Informasi ke PPID Kota Madiun

Madiun – PPID Kota Madiun yang dikelola oleh Dinas Kominfo kembali menjadi rujukan daerah lain untuk belajar PPID. Seperti yang dilakukan oleh Dinas PekerjaanUmum (PU) Kabupaten Banyumas yang berkunjung hari ini, Selasa (27/8). Kunjungan kerjanya kali ini untuk mengetahui pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang sudah berjalan di Kota Madiun.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PU Kabupaten Banyumas, Irawadi diterima langsung oleh PPID Kota Madiun, Subakri.

Dalam paparannya, Dia mengungkapkan Kota Madiun cukup berhasil dalam mengelola PPID.

“Kota Madiun mendapat 2 kali penghargaan keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dalam dua tahun berturut – turut. Yakni kategori B pada tahun 2017 dan kategori A pada tahun 2018,” ungkapnya.

Namun, bukan berarti PPID Kota Madiun tidak memiliki kendala dalam pengelolaannya. Masih banyak OPD dilingkungan Pemerintah Kota Madiun(PPID Pembantu) yang kurang memahami pentingnya tugas PPID.

Berbagai cara dilakukan PPID Kota Madiun untuk meningkatkan keaktifan PPID Pembantu Kota Madiun tutur Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Madiun, Iroh Sunirah.

“Kami PPID Utama selalu rutin melakukan monev PPID, serta membuat laporan evaluasi tiap bulannya untuk melihat keaktifan dari PPID Pembantu dalam mengelola informasinya,”jelasnya lebih lanjut.

Bahkan, lanjutnya, untuk lebih memacu semangat dari PPID Pembantu, PPID Kota Madiun secara rutin mengadakan PPID Award tingkat Kota Madiun tiap tahunnya. Dan ini terbukti dengan adanya peningkatan kualitas penyampaian informasi di website PPID Pembantu, baik itu informasi yang wajib tersedia maupun website yang menjadi lebih ramah untuk pengunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kabupaten Banyumas menyampaikan hal mendasar yang menjadi harapan dari kunjungannya yakni dengan belajar dari PPID Kota Madiun, akan mendapatilmubagaimana pengelolaan keterbukaan informasi publik khususnya di Dinas PU Kabupaten Banyumas dan menjadireferensikedepannya serta terjalinhubungankerjasama. (ppid)