Bidik 3 Terbaik, KIM Kota Madiun Siap Bersaing di Babak Penyisihan LCCK Tingkat Jatim

Madiun – Harapan dapat mengulang kesuksesan di tahun lalu dalam ajang Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Provinsi Jawa Timur, Pemkot Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun gencar melakukan persiapan. Salah satunya dengan mengadakan acara babak penyisihan LCCK tingkat Kota Madiun pada Selasa (20/3) di Hall Stadion Willis Kota Madiun.

Acara yang bertemakan “Bersama Membangun Internet Bijak”, dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Iroh Sunirah dengan diikuti sebanyak 26 peserta KIM perwakilan dari masing-masing kelurahan di Kota Madiun. Namun dalam pelaksanaannya, yang hadir dalam babak penyisihan ini hanya 22 saja dengan perincian 4 KIM dinyatakan gugur karena tidak hadir.

“Sebenarnya ada 27 tapi yang ikut 26 karena satu dari Kelurahan Winongo yang kemarin menang itu emang nggak boleh. Satu kali menang, tahun berikutnya tidak boleh ikut” ungkap Budi selaku juri seleksi web blog LCCK Kota Madiun.

Lebih lanjut Budi mengungkapkan, seleksi web blog dilaksanakan dengan beberapa kriteria mulai dari kejelasan informasi dari berita yang diupload, hingga kualitas dan kuantitas video yang diupload.

“Minimal dia harus upload tiga artikel terbaru tentang kegiatan yang sekarang literasi digital” tambahnya.

Hadir pula dalam acara ini, ketua forum KIM Kota Madiun Agus Wijanarko yang juga bertindak sebagai juri. Melihat antusias dan semangat para anggota tim yang datang, membuatnya senang dan semangat saat menjadi juri pada seleksi administrasi.

“Dari tiga tahapan (administrasi, web blog, dan tes tulis) tersebut, tahap penilaian bagian administrasilah yang memiliki nilai paling tinggi, karena di dalamnya kami akan melihat bagaimana setiap tim mengatur setiap kegiatan yang mereka lakukan. Kita juga melihat SK tim yang ada, juga semua surat menyurat baik surat keluar dan masuk juga ketertiban lembaga tersebut” jelasnya.

Babak penyisihan KIM berhasil ditetapkan dengan hasil KIM Anyelir dari Kelurahan Kejuron yang menduduki peringkat pertama disusul oleh KIM Larasati dari Kelurahan Kanigoro, dan KIM Ceria Indah dari Kelurahan Oro-oro Ombo sebagai tiga terbaik Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kota Madiun.

Kelancaran acara tidak lepas dari antusias pendukung dan juga peserta yang mengikuti babak penyisihan ini. Seperti KIM Kencana Indah dari Kelurahan Banjarejo yang membawa lima orang supporternya kompak dengan batik berseragam. Lain halnya dengan Haryono, perwakilan peserta dari KIM Srikandi menunjukkan semangat berkompetisinya dengan mengungkapkan bahwa usia bukan halangan untuk belajar banyak hal.

“Kita jangan sampai ketinggalan, walaupun sudah tua, IT kita tetap jalan. Ya to, hpnya bukan jadul lagi kita, internet atau apa jangan sampai kita kalah dalam informasi dan kita bisa menangkis berita-berita hoaks” pungkasnya.