Suguhkan Informasi Akurat, Diskominfo Tarik Minat Pelajar Madiun

 

MADIUN – Keinginan Walikota Sugeng Rismiyanto untuk menjadikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai rujukan pendidikan direspon cepat Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.

Diskominfo Kota Madiun bukan sekedar melaksanakan tugas dan fungsi kedinasan. Namun, juga menjadi media pembelajaran. Setidaknya, tim Jurnalistik Bima SMAN 1 Madiun sengaja berkunjung, Kamis (15/3/2018). Tujuannya, belajar bareng dengan tim liputan madiuntoday dan madiunkota terkait kejurnalistikan.

Rombongan yang dipimpin Supriyanto itu tampak antusias. Berbagai hal dipelajari. Mulai bagaimana berita dihasilkan, hingga proses pencarian data, pemilahan, pengolahan hingga penyajian untuk dinikmati.

Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan Diskominfo Kota Madiun Aris Susi yang menerima rombongan menyambut hangat kedatangan calon jurnalis-jurnalis tersebut. Dia berharap banyak ilmu dan pengalaman yang di dapat.

‘’Harapan kami, adik-adik mampu memetik poin-poin penting dari materi yang diberikan dan mampu mengembangkan lebih baik lagi,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Lelly Dharna perwakilan tim peliputan Kota Madiun turut memberikan materi jurnalistik. Mulai dari pengenalan berita, macam-macam berita, dan bagaimana cara menulis berita, serta teknik wawancara narasumber.

‘’Semakin banyak data yang diperoleh, semakin kuat sumber datanya maka akan semakin baik berita yang dihasilkan,’’ sarannya.

Tak hanya menyampaikan materi, dia juga mengajak anggota tim jurnalistik SMA 1 Madiun untuk melakukan praktek penulisan berita.

Diakhir kesempatan, mereka juga diajak untuk berkeliling melihat ruang produksi peliputan dan berbincang langsung dengan teman-teman jurnalis Pemkot Madiun. (ifa/lely/diskominfo)