Kim Agen Infromasi Masyarakat, Pembinaan Pemkot Terus Meningkat

Madiun-Pembinaan KIM dan Pertura Kota Madiun 2018 kembali digelar. Acara yang berlangsung di Gedung Diklat Kota Madiun pagi tadi merupakan agenda rutin Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi KIM sebagai pengelola informasi serta komunikasi, Rabu (26/9).

“KIM sebagai agen informasi diharapkan mampu meningkatkan peran serta kemampuannya dalam mengelola informasi untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah,” ucap Iroh Sunirah

Iroh selaku Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun berharap kepada KIM di Kota Madiun untuk selalu aktif dalam berbagi informasi di masyarakat untuk menjalankan peran dan fungsinya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri menyampaikan ucapan syukur dalam sambutannya bahwa KIM Anyelir Kelurahan Kejuron Kota Madiun mendapat juara 1 pada grup D dalam babak penyisihan di tingkat propinsi pada Agustus lalu.

“Kompetisi dalam rangkaian KIM harus selalu mendapat perhatian dan pendampingan. Dukungan dan apresiasi dari semua pihak khususnya relawan TIK diharapkan terus mengiringi KIM di Kota Madiun khususnya KIM Anyelir untuk berjuang selanjutnya dalam grand final LCCK tingkat propinsi yang pelaksanaanya bersamaan dengan pekan KIM ke 10 tahun 2019 mendatang,”tuturnya.

Selain itu Pertura juga memiliki peranan penting dalam kehidupan, pasalnya disamping sebagai sarana hiburan dan pendidikan juga sebagai kontrol sosial untuk melestarikan serta pengembangan nilai nilai budaya di Indonesia

Pertura juga penting dalam penyebaran informasi karena mampu menyampaikan pesan dalam beberapa cara sekaligus sehingga mudah dimengerti dalam masyarakat. Keberadaan pertura sebagai sarana penyebaran informasi juga diharapkan mampu menumbuhkan inovasi serta pengembangan pertura di masing masing KIM Kota Madiun

Subakri juga berharap kepada narasumber dari dewan kesenian bisa memberi gambaran untuk mendukung tumbuh kembangnya pertura di Kota Madiun sekaligus memberi motivasi kepada seluruh kim untuk selalu mengembangkan informasi dalam pemanfaatan teknologi.

Selanjutnya acara dimeriahkan oleh penampilan dari pertura Chandra Buana serta penyampaian materi dari dewan kesenian, peserta KIM mendapat materi dalam penulisan naskah skenario pertura serta harmonisasi antara seni musik dan teatrikal dalam media komunikasi pertura.(lucki/tia/ayubinar/diskominfo)