Tingkatkan Sinergitas KIM, Diskominfo Kota Madiun Adakan Pembinaan

Madiun – Sebagai lembaga sosial penyalur informasi, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Madiun melalui Dinas Kominfo semakin berbenah untuk meningkatkan sinergitas kegiatan dan kelembagaannya. Salah satu upaya pendukung yang dilakukan untuk memberdayakan anggotanya, dengan mengadakan acara Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Madiun tahun 2017.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun digelar pada hari Rabu (12/4) di aula gedung Kelurahan Oro-Oro Ombo Kota Madiun, yang dihadiri oleh 50 Peserta yang terdiri dari Ketua KIM se-Kota Madiun dan pengurus Forum KIM Kota Madiun.

Tujuan diselenggarakannya pembinaan ini adalah dalam rangka persiapan menghadapi Lomba yang akan diikuti oleh KIM Kota Madiun di Tingkat Provinsi Jawa Timur dan tingkat nasional pada Tahun 2017, serta untuk pembaharuan data Pemetaan KIM Madiun agar sesuai dengan indikator kinerja kunci KIM yang sudah ditetapkan oleh Provinsi Jawa Timur.

Pada Tahun 2017 ini, KIM Citra Taruna Kenanga Kelurahan Winongo akan mengikuti Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) pada Pekan KIM Provinsi Jawa Timur mewakili Bakorwil I Madiun, dan KIM Turi Ceria Indah Kelurahan Oro-Oro Ombo akan mengikuti ajang perlombaan tingkat Nasional Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), yang sebelumnya menjadi juara lomba 10 program pokok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Madiun, Iroh Sunirah sebagai salah satu pemateri menjelaskan Peran KIM sangat diharapkan agar mampu bersinergi dengan kegiatan PKK Kota Madiun.
“Peran KIM diharapkan mampu bersinergi dengan PKK dalam hal pemberdayaan masyarakat sebagai ujung tombak keberhasilan pembangunan. Sebagai sebuah organisasi yang berbasis keluarga, PKK dan KIM berusaha melakukan pembinaan dengan melakukan pembinaan keluarga yang berakhlak bagi generasi muda, dan untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai usaha ekonomi keluarga”, ujar Iroh.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Media Publik Diskominfo Kota Madiun, Juvita Rosa mengajak seluruh anggota KIM untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar anggota KIM agar kedepannya bisa lebih aktif dan mampu berkiprah di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun.

Lebih lanjut Suwarno, Lurah Oro-Oro Ombo menjelaskan terkait persiapan perlombaan KIM 03 (KIM Turi Ceria Indah)di tingkat Nasional, sudah mempersiapkannya dengan baik.
“Persiapan perlombaan KIM 03 ditingkat Nasional yang sudah dilakukan dengan diadakannya pembinaan umum yang dilakukan oleh wakil ketua tim penggerak PKK Kota Madiun yang didukung pula oleh Dinas terkait dan tentunya didukung sepenuhnya oleh Diskominfo Kota Madiun”, jelas Suwarno.

Dalam pembinaan ini diadakan pula pembekalan teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi dengan menghadirkan pemateri dari dosen Universitas Merdeka (Unmer) Madiun, Fikri Hasan dan Maria Febriana Christanti. Febi menjelaskan tentang penulisan berita yang harus berdasarkan pada konsep 5W+1 H sebagai dasar penulisan. Sedangkan Fikri menjelaskan tentang dasar-dasar fotografi baik tentang angle pengambilan gambar dan caption berita yang pas untuk sebuah foto. (Kmf)