Tingkatkan Peran KIM, Pemkot Rutin Gelar Pembinaan

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun terus berupaya memberikan pelayanan di bidang informasi. Berbagai cara dilakukan untuk mengembangkan informasi secara tepat serta berkesinambungan. Salah satunya, dengan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Pertunjukkan Rakyat (Pertura) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Jumat (29/3).

Pembinaan KIM dan pertura merupakan agenda rutin Dinas Kominfo Kota Madiun. Pembinaan diharap dapat meningkatkan peran dan kemampuan KIM dalam mengelola informasi. Selain itu, KIM dapat memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat.

“KIM dan pertura memiliki peranan penting dalam kegiatan pembangunan pemerintah untuk menyampaikan serta menyalurkan informasi keseluruh lapisan dan elemen masyarakat,” kata Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Madiun Iroh Sunirah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Madiun Gembong Kusdwiarto menyampaikan KIM sebagai agen informasi masyarakat wajib menjadi pembeda dari banyaknya informasi hoax saat ini. Hal itu wajar lantaran Indonesia tengah berada pada masa politik yang sangat rawan. Gembong berharap peran KIM dan Pertura dapat menjadi garda terdepan dalam penyampaian informasi serta dapat mencermati pengembangan teknologi secara sigap.

“Teknologi informasi saat ini berkembang cukup pesat. Ini dapat berdampak positif maupun negatif pada penggunanya. Dalam hal ini, KIM sebagai agen informasi tentunya harus dapat mengambil dampak positif dan menangkal yang negatif. KIM harus dapat memanfaatkan berbagai media seperti media elektronik, media sosial maupun penyampaian informasi secara tradisional dalam penyebarluasan informasi,” tuturnya.

Gembong berharap forum KIM serta stake holder yang ada untuk cermat berbagi informasi serta dapat menangkal berita negatif. Sebab, berdasar data Kemenkominfo RI sebanyak 800 ribu konten berita hoax dan ujaran kebencian telah tersebar diberbagai media sampai saat ini.

Sekedar informasi, Rakor pembinaan KIM se-Bakorwil Madiun usai digelar beberapa waktu lalu. Rakor ini membahas Peraturan Gubernur Jatim tentang KIM yang telah sampai pada uji publik sebelum disahkan.

Sebagai rangkaian acara, Kridho Taruna Winongo menyuguhkan penampilan Pertura dengan mengandung pesan “tangkal hoax dengan literasi” sesuai tema yang diusung dalam kegiatan yang berlangsung di aula Kecamatan Kartoharjo tersebut. (ayu/deka/tia/nur/diskominfo)